Penjahitan Ekor

CANTEL EKOR
Ekor merupakan salah satu daya pikat ayam serama. Di dalam kontes nilai ekor mendapat porsi yang cukup besar. Problem ekor miring sangat sering kita temui pada ayam yang notabenenya mempunyai gaya yang sangat baik. Contohnya ayam selam. Ayam selam biasanya memiringkan ekor saat melakukan tarikan ke belakang. Memiringkan ekor gunanya memberi celah untuk kepala tarik ke belakang. Miring satu sisi inilah yang menyebabkan berubahnya struktur tulang di ekor. Semakin awal kita perbaiki semakin baik dan semakin besar kemungkinan ekor kembali tegak sempurna. Sangat umum atau boleh saya bilang 90% anakan yang tarikannya extreme atau selam, kondisi miring ekor sangat besar. Artinya cacat ini dapat kita dicermati dari usia ayam remaja. Kali ini kita hanya membahas meminimalisir kondisi cacat ekor tersebut dengan mencantel/nyantel/kait.

Contoh ayam dengan ekor miring ke kanan

 

Peralatan yang di butuhkan berupa:
1. Wadah untuk tempat alcohol.
2. Gunting
3. Penjepit
4. Jarum jait
5. Kapas
6. Obat antiseptik
7. Alcohol 70%

Pertama-tama kita lihat kearah mana ekor miring. Untuk contoh ini karena ekor miring ke kanan, maka pencantelan kita lakukan sebelah kiri. Fungsinya menahan gerakan ekor yang akan di miringkan ke arah kanan.

Titik penyantelan terdiri dari 2 titik, yaitu titik dari bagian ekor dan titik pada bagian tubuh ayam. Sebelum pengerjaan, oleskan dulu alcohol ke bagian yang akan di cantel untuk mencegah inveksi.

Cara mencantel tidak merusak jaringan daging. Hanya kulit saja.Pastikan penusukan benar dengan tidak melampaui jaringan kulit. Biasa tandanya dengan tidak mengeluarkan darah.

Setelah 2 titik terpasang maka kini menyimpulkan / mengikat benang agar kedua titik yg telah kita kaitkan saling mendekatkan. Jarak ikatan bisa di sesualikan dengan kebutuhan.

Setelah selesai. Oleskan antiseptik pada luka cantelan. Perhatikan apa ekor sudah tegak apa belum. Bila sudah simetris maka berhasilah pekerjaan pencantelan. Ayam pun kini semakin sempurna.

Ekor sudah lurus kembali. Siap untuk mengikuti kontes.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s